Sejarah Desa

2.1.1. Sejarah Desa
Sejarah memang sangat penting, karena menurut pepatah “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah“, namun pepatah itu teramat sangat sulit untuk diterapkan bagi desa yang rata – rata mata pencaharianya bertani ini. Hal ini dapat terjadi karena sampai sekarang kepastian sejarah desa Wonoketingal yang letaknya strategis ini belum dapat menemukan jati dirinya, belum dapat diketahui awal berdirinya, dan dimana letak pasti awal kependudukannya.
Konon menurut cerita yang berkembang, desa Wonoketingal merupakan hutan lebat yang luas yang belum ada penduduknya sehingga memikat para pendatang untuk membangun desa yang letaknya stategis ini.
Hingga suatu saat ada pendatang yang diketahui bernama mbah Wiro leksono yang berasal dari Demak ingin berjuang mendirikan suatu desa sekaligus menyebarkan agama yang dianutnya. Karena sendirian maka beliau mencari teman untuk diajak bersatu mendirikan desa. Hingga suatu saat datanglah seorang yang diketahui bernama mbah Dahir yang berasal dari Pati melewati desa Wonoketingal dan bertemu dengan mbah wiro leksono. Dalam pertemuannya beliau berdua sepakat untuk mendirikan suatu desa sekaligus menyebarkan agama yang dianutnya.
Untuk perkembangan keagamaan desa Wonoketingal sendiri, menurut orang tua dulu penduduk desa Wonoketingal sudah mengenal agama islam yang dibawa oleh cikal bakal desa Wonoketingal.
Hingga sekarang sejarah berdirinya desa Wonoketingal masih dalam proses yang belum tau kapan selesai, sedangkan informasi yang diperoleh dari orang tua tidak ada yang mengetahui pasti, informasinya sebatas nukil dari orang tua terdahulu yang kebanyakan mengatakan bahwa pendiri desa Wonoketingal adalah mbah Wiro leksono dan mbah Dahir yang telah diketahui keberadaan tempat tinggal dan tempat istirahat terakhirnya. Sedangkan dokumen dari desa pun tidak dapat terlacak karena tak ada catatan yang dapat diketahui.
Desa Wonoketingal dalam perkembangan selanjutnya dari tahun ke tahun jumlah permukiman dan penduduk semakin bertambah dan hingga saat ini jumlah penduduk desa Wonoketingal sudah mencapai 6.345 jiwa yang terdiri dari 1.902 KK dan terbagi dalam 8 RW dan 39 RT.
Kepala Desa Wonoketingal pertama kali dijabat oleh Mbah Wiro Leksono terus berkembang dengan Kepala Desa :
Tahun (1975-1981) Bapak Karto Wijoyo
Tahun (1981-1987) H. Jamari dan Bapak Tamam sebagai Sekdes
Tahun (1987-1993) H. Moh. Yatimin, BA dan Bapak Tamam sebagai Sekdes
Tahun (1993-1999) Syahid dan H. Jamal Adib sebagai sekdes
Tahun (1999-2009) Bapak Ali Munawar dan H. Jamal Adib, S.Ag sebagai sekdes
Tahun 2009 Bapak Kasmadi (Pj Kepala Desa)
Tahun (2010-2015) Bapak Mudlofir dan H. Jamal Adib, S.Ag sebagai sekdes
Tahun 2016 Bapak Mudlofir Sebagai Pj Kepala Desa
Tahun 2016 Bapak Muhlisin Sebagai Plt Kepala Desa
Tahun ( 2017-2022 ) Bapak Mudlofir sebagai Kepala Desa terpilih